Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 5 Feb 2024 WIB ·

Pastikan Berjalan Sesuai SOP, Polres Madiun Gelar Simulai Pengamanan TPS Pemilu 2024


 Pastikan Berjalan Sesuai SOP, Polres Madiun Gelar Simulai Pengamanan TPS Pemilu 2024 Perbesar

MADIUN, 90detik.com – Menjelang Pemilihan Umum 2024, Polres Madiun memperkuat kesiapannya dengan menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara intensif yang diikuti oleh 373 personel Polres Madiun yang bertugas di TPS, pada Sabtu (3/2).

Kapolres Madiun,AKBP Muhammad Ridwan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan aparat kepolisian dalam menghadapi setiap aspek keamanan selama proses demokrasi berlangsung, sekaligus mengantisipasi berbagai kendala selama proses pengamanan TPS.

Untuk menciptakan situasi serupa yang mungkin dihadapi personel pada hari pemungutan suara, halaman belakang Polres Madiun diubah menyerupai lokasi TPS dengan detail diantaranya meliputi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), surat suara, bilik suara, kotak suara, dan personel Linmas.

Disamping itu juga ditampilkan mekanisme pengamanan yang dilakukan personel Polri apabila terjadi masalah seperti masyarakat yang tidak dapat melaksanakan pencoblosan, aksi protes dari masyarakat yang mengakibatkan kerusuhan atau situasi yang tidak kondusif.

“Simulasi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan respons dan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi situasi selama pemungutan suara,”ujar Kapolres Madiun, AKBP Muhammad Ridwan.

Melalui simulasi ini diharapkan personel Polri mengerti cara bertindak pada saat pengamanan TPS.

“Simulasi pengamanan TPS merupakan gambaran realita yang terjadi di TPS nantinya mencakup seluruh rangkaian proses Pemilu,”terang AKBP Muhammad Ridwan.

Rangkaian yang dimaksud mulai dari pembukaan TPS, pendaftaran, pencoblosan hingga penghitungan hasil suara baik pemilihan Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten.

Kapolres Madiun menambahkan, dengan dilaksanakannya simulasi ini, Polres Madiun menegaskan kesiapannya untuk menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024.

“Ini juga bagian dari menjadikan partisipasi masyarakat sebagai elemen penting dalam mewujudkan pesta demokrasi yang berjalan lancar dan adil,” kata AKBP Muhammad Ridwan.

Lebih jauh dikatakan oleh Kapolres Madiun, pihaknya berkomitmen untuk memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya, mari kita ciptakan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif,” pungkas Kapolres Madiun. (Red)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Habiskan Anggaran Setengah Miliar Lebih, Pembangunan Kantor Desa Duwet Tak Kunjung Selesai

17 April 2024 - 11:22 WIB

OPS Ketupat Semeru 2024 Polisi Bantu Kendaraan Pemudik Mogok di Kota Kediri

17 April 2024 - 10:36 WIB

Perayaan Ketupat, Polres Bangkalan Siagakan Personel Pengamanan Lebaran di Tengah Laut

17 April 2024 - 10:30 WIB

Polres Jember Berhasil Amankan 4 Tersangka dan Puluhan BB Diduga Hasil Curanmor

17 April 2024 - 10:26 WIB

Operasi Ketupat Semeru 2024, Polda Jatim Berhasil Tekan Angka Kecelakaan dan Gangguan Kamtibmas

17 April 2024 - 10:21 WIB

Seluruh Jajaran Forkopimcam Beserta Pemerintah Desa se Kecamatan Sumbergempol Mengikuti Acara Halal Bihalal1445 Hijriah, Ini Harapan Plt Camat

17 April 2024 - 04:10 WIB

Trending di Jawa Timur