Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Tengah · 8 Apr 2024 WIB ·

Pos Terpadu, Wujud Sinergitas TNI Polri Layani Masyarakat Selama Arus Mudik 2024


 Pos Terpadu, Wujud Sinergitas TNI Polri Layani Masyarakat Selama Arus Mudik 2024 Perbesar

POLDA JATENG, KOTA SEMARANG, 90detik.com | Selama gelaran Operasi Ketupat Candi 2024, Polda Jateng mendirikan 168 pos Polisi guna melayani masyarakat yang mudik ke Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, 72 diantaranya adalah Pos Terpadu yang personilnya terdiri dari gabungan TNI Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar, BPBD, Pramuka, serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

“Keterlibatan sejumlah instansi terkait ini sebagai wujud sinergitas dan kolaborasi dalam memberikan pelayanan dan rasa aman bagi masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2024,” ungkapK abidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu di Mapolda Jateng pada Senin, (8/4/2024) siang.

Para personil tersebut, juga dapat digeser sewaktu-waktu ke sejumlah strong poin yang membutuhkan kehadiran petugas seperti persimpangan jalan, pusat keramaian masyarakat, ataupun menangani kejadian laka lantas terdekat.

Masyarakat yang mudik, lanjutnya, bisa mampir di semua pos yang tersedia untuk beristirahat atau berkoordinasi dengan petugas bila mengalami kendala atau mencari informasi selama perjalanan.

Kami sediakan pula fasilitas cek kesehatan dan pengobatan gratis bagi para pemudik agar kondisi mereka tetap prima selama perjalanan. Ada pula takjil gratis bagi masyarakat untuk sekedar membatalkan puasa disaat berbuka,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan yang melintas di Jawa Tengah hingga H-2 Lebaran (Senin, 8/4) sudah tidak sebanyak saat puncak pada Sabtu dan Minggu kemarin. Kendaraan yang melintasi ruas Tol Trans Jawa dan sejumlah jalur arteri baik Pantura maupun jalur tengah dan selatan nampak berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Meski demikian, sistem One Way Nasional masih diberlakukan di Tol Trans Jawa guna mengantisipasi bangkitan arus dari GT Cikatama.

Untuk bangkitan arus dari Cikatama akan masuk ke Jawa Tengah hingga GT Kalikangkung dan Tol Dalam Kota Semarang pada sore nanti. Diperkirakan tidak sebesar puncak arus mudik kemarin,” terangnya.

Sistem One Way arus mudik rencananya akan terus diterapkan hingga H-1 Lebaran besok. Pelaksanaannya dimulai jam 8 pagi hingga 12 malam.

Namun bila masih belum mampu mengatasi kepadatan kendaraan, kita siapkan rekayasa One Way Lokal hingga Bawen atau Tingkir dibawah kendali Dirlantas,” lanjutnya.

Selain menjadi tujuan pulang kampung, Propinsi Jawa Tengah juga menjadi titik lelah bagi pemudik yang menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman baik dari arah barat ke timur maupun sebaliknya. Untuk itu, dirinya kembali menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri dan kendaraan yang ditumpangi dengan sebaik mungkin.

Pastikan kondisi fisik pengendara dalam keadaan prima, sebelum berangkat cek kondisi kendaraan terutama rem dan ban karena sebagian cuaca di Jawa Tengah masih hujan. Bagi yang menempuh perjalanan di malam hari pastikan nyala lampu kendaraan cukup untuk menerangi jalan namun tidak membuat silau pengendara lain,” tandasnya.(Red)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Instruksi Irjen pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng di moment Cuti bersama; Terjunkan Personil, Layani Masyarakat

10 Mei 2024 - 06:38 WIB

Ribuan Pentakziyah Penuhi Pesantren Nurul Haromain Mendoakan Almarhum KH.Shirojan Muniro

8 Mei 2024 - 13:18 WIB

Irjen Pol Ahmad Luthfi tanda tangani MOU dengan Dirut PT Semen Gresik-Pabrik Rembang; Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Nasional

8 Mei 2024 - 10:03 WIB

Irjen Pol Ahmad Lutfhi Kapolda Jateng perintahkan Polisi Back Up dan Kawal Setiap Pentas Budaya, Gratis Tanpa Bayar

4 Mei 2024 - 07:20 WIB

Sinergitas Irjen Pol Ahmad Lutfhi, figure Kapolda Jateng kali ini bersama Petani Temanggung, Ciptakan Kamtibmas Kondusif

4 Mei 2024 - 07:13 WIB

Pengangsu BBM Bersubsidi Diciduk Polisi, Saat Istirahat di Pinggir Jalan 

4 Mei 2024 - 04:43 WIB

Trending di Hukum Kriminal