Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 8 Apr 2024 WIB ·

Polresta Malang Kota Siapkan Rekayasa Lalu Lintas pada Operasi Ketupat Semeru 2024


 Polresta Malang Kota Siapkan Rekayasa Lalu Lintas pada Operasi Ketupat Semeru 2024 Perbesar

KOTA MALANG, 90detik.com – Mengantisipasi kepadatan arus pada mudik lebaran dan libur Idul Fitri 1445 H, Polresta Malang Kota Polda Jatim telah memetakan jalur rawan padat lalulintas (Lalin) pada Operasi Ketupat Semeru 2024.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pola rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus mudik.

Kami sudah siap menyambut pemudik, baik yang menuju ke Kota Batu, Kota Malang ataupun yang akan menuju Luar Kota Malang,” kata Kompol Aristianto, Senin (8/4).

Menurut Kompol Aristianto, Kota Malang sudah dikenal sebagai kota perlintasan atau menjadi jalur alternatif pemudik yang menuju Lumajang, Blitar, Kediri, Jombang, Surabaya dan sebaliknya.

Oleh karenanya pihak Satlantas Polresta Malang Kota segera menyiapkan pola – pola pengaturan lalu lintas di beberapa titik yang menjadi perhatian khusus saat arus mudik.

Salah satunya jalur yang perlu diantisipasi adalah Simpang Empat Karanglo yang menjadi pertemuan lalu lintas menuju wilayah Kota Malang ataupun luar Kota Malang,” ungkapnya.

Satlantas Polresta Malang juga sudah melakukan koordinasi dan membahas arus mudik lebaran dengan Forum Lalu Lintas beberapa hari lalu di Balaik Kota Malang.

Masih kata Kompol Aristianto, sebagai antisipasi kepadatan arus lalu lintas, pihaknya telah menyiapkan alternatif rekayasa lalulintas.

Salah satunya kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari, Kabupaten Malang, dan menuju ke arah Kota Batu, akan diarahkan ke Selatan untuk masuk ke Kota Malang,”jelas Kompol Aris.

Jika pola ini belum mampu mengurai kepadatan, pihaknya akan mengubah pola bagi kendaraan yang akan keluar dari pintu Tol Singosari diarahkan ke pintu tol Pakis, Kabupaten Malang.

Kendaraan yang akan menuju Lumajang, kendaraan akan diarahkan ke pintu Tol Madyopuro, melewati wilayah Kedung Kandang / bisa lewat wajak, Turen,”ujarnya.

Sementara Jelang Operasi Ketupat Semeru nanti, Polresta Malang Kota menyiapkan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan di wilayah Kota Malang.

“Untuk membantu dan melayani pemudik saat dalam perjalan, Petugas Gabungan disiagakan, baik di Pos Pengamanan maupun di Pos Pelayanan,” Tegas Aris.

Pos pengamanan disiapkan di simpang Malang Creative Center (MCC) atau di simpang tiga Blimbing, Sekitar pintu Tol Madyopuro.

Pos pelayanan akan disiagakan di depan Stasiun Kota Malang san di Simpang tiga Jembatan Soekarno Hatta,” Terang Kompol Aris.

Diharapkan masyarakat bisa menggunakan pos-pos yang disediakan untuk istirahat.

Kompol Aristianto mengimbau agar para pengendara menjaga stamina, mengecek kondisi kendaraan dan surat kelengkapan kendaraan, serta tertib berlalu lintas dan patuhi arahan petugas. (Red)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polrestabes Surabaya Berhasil Ungkap TPPO Dibawah Umur Modus Aplikasi 7 Tersangka Diamankan 

17 Mei 2024 - 12:46 WIB

Wujudkan Kamseltibcarlantas Polres Pasuruan Kota Lakukan Rampcheck Kendaraan Bus Umum

17 Mei 2024 - 12:42 WIB

Kapolda Jatim Ucapkan Selamat Popsivo Polwan Raih Kemenangan atas Jakarta PLN Elektrik di Gresik

17 Mei 2024 - 12:38 WIB

Meriah, Tabligh Akbar Polres Kediri Sukses Hadirkan Puluhan Ribu Jamaah

17 Mei 2024 - 12:31 WIB

Polisi Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Brantas Tulungagung

17 Mei 2024 - 12:28 WIB

Polres Pelabuhan Tanjungperak Berhasil Mengamankan Seorang Sopir Diduga Edarkan Sabu

17 Mei 2024 - 12:24 WIB

Trending di Jawa Timur