Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 20 Des 2023 WIB ·

Tuntut Usut Tuntas Dugaan Pungli di SMA/SMK Blitar Raya, Ormas GAKI Geruduk Kejari Blitar


 Tuntut Usut Tuntas Dugaan Pungli di SMA/SMK Blitar Raya, Ormas GAKI Geruduk Kejari Blitar Perbesar

 

BLITAR, 90detik.com- Ratusan warga yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Anti Korupsi Independen (GAKI) Blitar Raya melakukan aksi unjuk rasa, di Kantor Kejaksaan Negeri Blitar, pada Selasa (19/12).

Ormas GAKI menuntut untuk mengusut tuntas adanya dugaan pungutan liar (pungli) di beberapa sekolah lanjutan tingkat atas dan kejuruan, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023. Dan menuntut untuk segera menetapkan tersangka terlapor dugaan pungli.

Dalam orasinya, Ketua Umum DPN GAKI Didik Rusdyanto, mengatakan, adanya dugaan pungli di sekolah lanjutan tingkat atas dan kejuruan di Blitar untuk dilakukan pihak sekolah memberatkan orang tua/wali siswa dan nilainya juga sangat fantastis.

“Ada dugaan pungli dengan dalih sumbangan pendidikan untuk memenuhi kekurangan dana BOS ini angkanya mencapai jutaan rupiah dan hal itu memberatkan wali murid.
Kita mendesak Kejaksaan Negeri Blitar untuk segera menindak lanjuti dugaan pungli yang berada di lingkup SMA – SMK di Blitar,” ujarnya.

Caption foto; Salah satu poster yang dibawa oleh peserta aksi di Kejari Blitar
(Sumber foto doc:Red)

Didik juga menyampaikan, pungutan-pungutan yang dibalut dengan mengatasnamakan Komite Sekolah juga harus diusut tuntas. Dan termasuk semua orang yang terlibat untuk diperiksa.

Usai menyampaikan orasinya, perwakilan massa aksi diterima oleh Kasi Pidsus, Kasi Pidum dan Kasi Pidum dan menyampaikan laporan pengaduan terkait adanya dugaan pungli.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen Prabowo Saputro, usai menerima perwakilan dari Ormas GAKI saat di konfirmasi beberapa awak media mengatakan, menerima aspirasi dan laporan yang disampaikan DPC GAKI Blitar Raya, dan akan menindaklanjuti dengan mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket).

“Intinya kita menerima aspirasi dan laporan yang disampaikan, dan kita akan tindak lanjuti. Kita akan lakukan pulbaket,” ujarnya. (Jk/Red)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Jaga Kamtibmas, Polres Kediri Tingkatkan Patroli Rutin Obyek Vital

19 April 2024 - 09:57 WIB

Tanggap dan Responsif, Personel Polres Mojokerto Bantu Korban Laka Lantas

19 April 2024 - 09:43 WIB

Cegah Laka Laut Pada Lebaran Ketupat Sinergitas TNI – Polri Beri Pengamanan di Pantai Watu Pecak Lumajang

19 April 2024 - 09:39 WIB

Polda Jatim Terapkan KRYD Antisipasi Arus Balik Mudik Tahap Dua

19 April 2024 - 09:34 WIB

Polrestabes Surabaya Amankan 11 Orang di Jalan Kunti Diduga Pemain Narkoba

19 April 2024 - 09:17 WIB

Polisi Berhasil Amankan Seorang Residivis yang Melakukan Percobaan Pencurian Kotak Amal

19 April 2024 - 09:14 WIB

Trending di Jawa Timur