Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 15 Feb 2024 WIB ·

33 Tahanan Rutan Polres Blitar Kota Ikut Memberikan Hak Pilih Pemilu 2024


 33 Tahanan Rutan Polres Blitar Kota Ikut Memberikan Hak Pilih Pemilu 2024 Perbesar

BLITAR, 90detik.com- Sebanyak 33 tahanan Polres Blitar Kota memberikan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) siang.

Partisipasi hak pilih 33 tahanan itu disalurkan melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS) Keliling yang berasal dari TPS di sekitar Polres Blitar Kota yang masuk di kawasan Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K mengatakan bahwa pihaknya telah memfasilitasi hak konstitusional para tahanan untuk memberikan suara mereka pada Pemilu 2024.

“Jadi kita memfasilitasi sekitar 33 tahanan yang ada agar mereka tetap dapat memilih, memberikan suaranya pada Pemilu 2024 hari ini,” ujar AKBP Danang, Rabu sore.

Menurut AKBP Danang, sebanyak 29 tahanan telah memberikan suara mereka di area tahanan Polres Blitar Kota dengan bantuan dari petugas TPS Keliling.

Sedangkan 4 tahanan lainnya, lanjut AKBP Danang, masing-masing memilih di 4 TPS yang berbeda berdasarkan tempat tinggal masing-masing.

“Untuk 29 tahanan itu sudah kami koordinasikan dengan pihak KPU sehingga ada petugas TPS terdekat yang mendatangi tahanan guna memfasilitasi pemungutan suara,” terangnya.

Proses pemungutan suara di area tahanan Polres Blitar Kota, kata dia, telah berlangsung dengan lancar.

“Namun, terdapat 4 tahanan baru yang masih tercatat di DPT (daftar pemilih tetap) di 4 TPS yang berbeda,” tambah Danang.

Empat tahanan baru tersebut, ujarnya, masing-masing memberikan suara di TPS 12 Kelurahan Srengat (Kecamatan Srengat), TPS 15 Desa Sumberingin (Kecamatan Sanankulon), TPS 01 Desa Doko (Kecamatan Doko), dan TPS 01 Desa Kotes (Kecamatan Gandusari).

“Untuk empat tahanan yang harus mencoblos di TPS tempat tinggal mereka, tetap kita fasilitasi dengan mengantarkan mereka ke TPS-TPS tersebut,” ujarnya.

AKBP Danang mengatakan bahwa para tahanan, warga yang sedang berhadapan dengan hukum, tetap memiliki hak untuk memberikan suara mereka pada Pemilu.

Pihak kepolisian dan instansi terkait, lanjutnya, wajib memfasilitasi agar para tahanan dapat menggunakan hak pilih mereka.(Red)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

DPC PDI Perjuangan Tulungagung Mulai Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Siapa Saja Bacalon Tersebut ?

23 April 2024 - 07:39 WIB

Persik Jamu PSS Sleman, Ribuan Personel Diterjunkan Polres Kediri Kota

23 April 2024 - 07:15 WIB

Kapolres Bangkalan Serahterimakan Motor yang Hilang 6 Tahun Silam Kepada Pemiliknya

23 April 2024 - 07:09 WIB

Cegah DBD Polisi Dampingi Dinkes Tulungagung Lakukan Fogging

23 April 2024 - 07:04 WIB

Berpakaian Adat Petugas Satpas SIM Polres Kediri Kota Layani Masyarakat di Hari Kartini

23 April 2024 - 07:00 WIB

Bacalon Bupati – Wabup Tulungagung Maryoto-DGY Ambil Formulir Pendaftaran

23 April 2024 - 06:24 WIB

Trending di Jawa Timur