Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 30 Apr 2024 WIB ·

Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Ketinggian bersama BASARNAS Surabaya


 Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Ketinggian bersama BASARNAS Surabaya Perbesar

SURABAYA, 90detik.com – Selasa 30 April 2024 Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan efisiensi dalam operasi penyelamatan, kegiatan pembinaan potensi SAR (Search and Rescue) digelar di Poltekbang Surabaya jln. Jemur Andayani No 73.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dari instansi SAR, relawan, hingga masyarakat umum bertujuan untuk memperkuat kerjasama lintas sektor serta meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam upaya penyelamatan.

Kegiatan pembinaan potensi SAR ini melibatkan berbagai materi, mulai dari teknik pencarian dan penyelamatan, manajemen bencana, hingga taktik komunikasi dan koordinasi tim.

Peserta kegiatan juga diberikan simulasi langsung dalam situasi-situasi darurat untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan responsibilitas mereka dalam tugas penyelamatan.

Menyadari pentingnya peran masyarakat dalam proses SAR, acara ini juga menyediakan sesi penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat umum tentang tindakan-tindakan pertolongan pertama yang tepat serta pentingnya melapor dengan cepat kepada pihak berwenang saat terjadi keadaan darurat.

Brian Gautama, Selaku Koordinator Kegiatan Pelatihan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap lembaga kemanusiaan yang melatih para pemuda menjadi relawan bencana sehingga nantinya dapat membantu tim di lapangan.

“semoga Melalui pelatihan potensi SAR kita dapat wujudkan pelayanan SAR yang quick action, satu jiwa satu rasa”, tambahnya

Salah satu Peserta dari Acara ini adalah Komarudin, Mahasiswa MSIB Batch 6, “Selama kurang lebih 1 Minggu yang berlangsung pada Hari Selasa, 30 April – 6 Mei 2024 yang akan datang.” jelasnya.

Kami Para peserta nantinya akan mendapatkan berbagai bekal pengetahuan berupa ilmu dan praktek seputar pencarian dan penyelamatan.”katanya.

“Dengan meningkatnya kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya tindakan penyelamatan, diharapkan dapat mengurangi dampak dari berbagai kejadian darurat yang mungkin terjadi di masa mendatang.” Pungkasnya. (Red)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Luncurkan Aplikasi SUGENG Transportasi Ojek Online, Jangkau Petani Pedesaan dan Pegunungan di Tulungagung

18 Mei 2024 - 10:19 WIB

Haul Ke 32 Gus Miek Ploso Kediri Disiapkan Tenda Panjang 600 Meter

18 Mei 2024 - 09:54 WIB

Pesantren Al Azhaar Tulungagung Rayakan Milad ke-31 dengan Tasyakuran Bersama

18 Mei 2024 - 09:45 WIB

Diduga Terlibat Korupsi Alokasi Dana Desa, Mantan Kades Dibekuk Polisi

18 Mei 2024 - 07:36 WIB

Rayakan Milad Ke 31, Pesantren Al Azhaar Tulungagung Gelar Tasyakuran dan Sholawat Bersama Habib Sayyidi Baraqbah 

18 Mei 2024 - 05:23 WIB

Polrestabes Surabaya Berhasil Ungkap TPPO Dibawah Umur Modus Aplikasi 7 Tersangka Diamankan 

17 Mei 2024 - 12:46 WIB

Trending di Jawa Timur