Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 30 Apr 2024 WIB ·

Mengenang Sosok Gus Andi, Punya Keyakinan Maksimal Atas Pemberian Tuhan 


 { Perbesar

{"remix_data":[],"remix_entry_point":"challenges","source_tags":[],"origin":"unknown","total_draw_time":0,"total_draw_actions":0,"layers_used":0,"brushes_used":0,"photos_added":0,"total_editor_actions":{},"tools_used":{"transform":1},"is_sticker":false,"edited_since_last_sticker_save":true,"containsFTESticker":false}

TULUNGAGUNG, 90detik.com- Mengenang sosok Ekandri Prasetya yang akrab dipanggil Gus Andi oleh masyarakat setempat, yang memiliki sikap kepasrahan atau tawakal tingkat dewa.

Kisah mengharukan dan bisa menjadi suri tauladan ini, diceritakan Iwan Bastomi dan Dedy Eko dari Kediri. Mereka berdua datang lebih awal saat pemakaman almarhum Gus Andi pada Senin (29/04) lalu.

Iwan Bastomi merasa sangat kehilangan atas berpulangnya almarhum karena dirinya sering ditolong oleh beliau. Selain itu ia juga sudah lama bergaul dengan almarhum.

Kesempatan itu, Iwan bercerita bahwasanya almarhum dinilai memiliki sikap kepasrahan atau tawakal tingkat dewa.

“Keterbatasan fisik Gus Andi tidak menjadikan almarhum patah semangat. Di masa delapan tahun terakhir, saya selalu bertanya bagaimana dengan keadaan keterbatasan fisik almarhum yang tidak bisa melihat untuk melayani diri sendiri?. Karena memang di lima tahun terakhir ini almarhum hidup sendirian di rumahnya. Siang hari ada pembantu. Malam hari hidup sendiri lagi,” ujarnya pada Selasa (30/04).

Dirinya juga mengisahkan, bahwa semua putra almarhum sudah menikah sehingga tinggal bersama keluarganya masing-masing. Keadaan itulah yang menjadikan pertanyaan dirinya.

”Sulit terjawab. Bagaimana almarhum memenuhi kebutuhan makan pagi hari, siang dan malam hari ?. Keadaan yang terbatas almarhum tidak mampu masak sendiri. Juga tidak ada kemampuan beli makan sendiri di warung?,” imbuh Iwan.

Iwan Bastomi yang sering diminta tolong antar jemput ke pasien dengan memakai sepeda motor menuturkan bahwa almarhum sangat pasrah dan memiliki keyakinan sangat tinggi atas pemberian dan pertolongan Allah SWT.

“Suatu sore, saya mampir ke rumah almarhum. Saya sangat kaget dan kasihan tatkala almarhum berkisah bahwa mulai pagi hari hingga sore ini, belum makan. Setelahnya saya belikan makanan kesukaan almarhum masakan Padang. Saat itu almarhum berkata, alhamdulillah ada rezeki. Semua rezeki sudah diatur Gusti Allah Ta’ala. Peristiwa tersebut menjadikan saya harus belajar dengan keyakinan almarhum,” kisah Iwan.

Iwan juga menyampaikan, atas kejadian itu, ia berinisiatif untuk menawarkan ke almarhum akan dicarikan catering yang akan mengantar makanan tiap pagi, siang dan malam.

”Nah jawaban almarhum sangat mengagetkan, Om Iwan ndak perlu pesen catering rutin. Om Iwan ndak perlu repot-repot. Saya seperti ini saja ndak apa-apa. Rezeki itu sudah diatur Allah Ta’ala. Rezeki kita akan datang sesuai kebutuhan kita,” kata Iwan menirukan ucapan Gus Andi.

Kisah lainnya juga datang dari salah satu pengasuh pesantren di Gurah Kediri, KH. Sarwani saat takziyah. Beliau mengisahkan, Gus Andi sering datang ke pesantren sejak awal merintis pesantren. Waktu itu, Gus Andi almarhum memegang dinding pesantren sambil berkata nanti pesantren ini akan berkembang pada tahun sekian dan sekian.

”Lho lha kok yaaa pas perkembangan pesantren sesuai yang disampaikan almarhum. Beliau sosok ikhlas bahkan sangat ikhlas. Semoga amal beliau diterima Allah Ta’ala dan seluruh khilaf beliau diampuni Allah Ta’ala,” ujar Abah Sarwani panggilan akrabnya. (Red/JK)

Editor: JK

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polrestabes Surabaya Berhasil Ungkap TPPO Dibawah Umur Modus Aplikasi 7 Tersangka Diamankan 

17 Mei 2024 - 12:46 WIB

Wujudkan Kamseltibcarlantas Polres Pasuruan Kota Lakukan Rampcheck Kendaraan Bus Umum

17 Mei 2024 - 12:42 WIB

Kapolda Jatim Ucapkan Selamat Popsivo Polwan Raih Kemenangan atas Jakarta PLN Elektrik di Gresik

17 Mei 2024 - 12:38 WIB

Meriah, Tabligh Akbar Polres Kediri Sukses Hadirkan Puluhan Ribu Jamaah

17 Mei 2024 - 12:31 WIB

Polisi Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Brantas Tulungagung

17 Mei 2024 - 12:28 WIB

Polres Pelabuhan Tanjungperak Berhasil Mengamankan Seorang Sopir Diduga Edarkan Sabu

17 Mei 2024 - 12:24 WIB

Trending di Jawa Timur