Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Internasional · 19 Nov 2023 WIB ·

Academic dan Professional Orientation in Europe November 2023


 Academic dan Professional Orientation in Europe November 2023 Perbesar

Jakarta, 90detikcom- Muhhamad Insan Musofar, seorang mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di luar negeri, memberikan penjelasan mendalam mengenai pentingnya orientasi akademik dan profesional di Eropa.

Dalam wawancara eksklusif dengan wartawan, Muhhamad Insan Mustofar mengungkapkan bahwa orientasi tersebut memiliki peran yang sangat vital dalam membantu mahasiswa internasional beradaptasi dengan kehidupan akademik dan profesional di Eropa.

“Mendapatkan pendidikan di Eropa adalah impian banyak mahasiswa internasional, termasuk saya. Tapi navigasi di lingkungan baru dan sistem pendidikan yang berbeda bisa menjadi tantangan besar. Inilah mengapa orientasi akademik dan profesional sangat penting,” ujar Muhhamad Insan Mustofar dengan antusias.

Menurutnya, orientasi tersebut memberikan mahasiswa internasional pengetahuan tentang sistem pendidikan di Eropa, mata kuliah yang dapat diambil, prosedur pendaftaran, serta informasi penting lainnya yang akan membantu mereka dalam memahami apa yang diharapkan dari mereka saat berkuliah.

Tak hanya itu, orientasi akademik dan profesional juga memberikan mahasiswa internasional kesempatan untuk mendapatkan wawasan mengenai peluang karir di Eropa.

Ia juga mengatakan bahwa orientasi ini sering kali melibatkan sesi pengenalan dengan perusahaan-perusahaan ternama, magang, dan program studi yang memiliki keterhubungan langsung dengan dunia industri.

“Ini sangat berharga untuk mahasiswa internasional, terutama bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan di Eropa setelah lulus. Dalam orientasi ini, mahasiswa dapat membentuk jaringan dengan para profesional, menjalin hubungan bisnis, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pasar kerja di Eropa,” jelas Muhhamad Insan, Minggu(19/11/23).

Muhhamad Insan juga menyoroti pentingnya peningkatan keterampilan sosial dan budaya dalam proses adaptasi kehidupan di Eropa.

Menurutnya, orientasi semacam ini juga memberikan mahasiswa internasional kesempatan untuk mengenal budaya setempat, belajar bahasa, serta menjalin persahabatan dengan mahasiswa dari berbagai belahan dunia.

“Dalam konteks global saat ini, memiliki keterampilan sosial dan budaya yang kuat sangat penting untuk berhasil dalam karir internasional. Oleh karena itu, orientasi akademik dan profesional di Eropa tidak hanya membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik, tetapi juga memberikan mereka pengalaman yang mendalam dalam hal keragaman budaya dan sosial,” tambahnya.

Muhhamad Insan berharap bahwa orientasi akademik dan profesional di Eropa akan terus ditingkatkan dan didukung oleh pemerintah dan lembaga pendidikan.

Ia meyakini bahwa dengan adanya orientasi ini, mahasiswa internasional akan lebih siap menghadapi tantangan akademik dan profesional yang ada, serta memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses di masa depan. (Red)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ketua PBVSI Jatim Apresiasi Turnamen Voli Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Jatim di DBL Arena

19 Juni 2024 - 02:28 WIB

Fatayat Tulungagung Mengikuti Sunnah Nabi Ibrahim dengan Berkurban Sapi dan Kambing

18 Juni 2024 - 17:00 WIB

Momentum Hari Bhayangkara Ke -78 dan Idul Adha 10 Dzulhijjah, Polres Kediri Kota Bagikan 1000 Paket Sembako

16 Juni 2024 - 18:46 WIB

Polres Probolinggo Berhasil Ungkap Dua Kasus Pembunuhan Amankan Dua Tersangka

16 Juni 2024 - 17:40 WIB

Gandeng Perguruan Silat, Remaja Masjid di Tulungagung Giatkan Takbir Keliling

16 Juni 2024 - 17:21 WIB

Promas SMA SMK Al-Azhar Sukses Gelar Kegiatan Manasik Haji di Tulungagung

16 Juni 2024 - 14:52 WIB

Trending di Jawa Timur