Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 7 Des 2023 WIB ·

Kendala Teratasi, Dinas PUPR Blitar : Pembangunan Jembatan Subali Optimis Tepat Waktu


 Kendala Teratasi, Dinas PUPR Blitar : Pembangunan Jembatan Subali Optimis Tepat Waktu Perbesar

 

BLITAR, 90detik.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, terus berupaya menyelesaikan kendala pembangunan Proyek Jembatan Subali dan optimis selesai tepat waktu.

Proyek jembatan terletak di Kecamatan Sutojayan menelan anggaran dari APBD senilai Rp 10,5 miliar itu, menghubungkan antara Kelurahan Kedungbunder dan Kelurahan Sutojayan.

Upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi antara lain material hingga pembebasan lahan. DPUPR Kabupaten Blitar, pada selasa (05/06) telah melakukan penandatangan pemberian ganti untung kepada 19 warga terdampak pembangunan jembatan tersebut dihadapan notaris. Dengan disaksikan Tim Pembebasan Lahan, bersama pendamping dari Kejaksaan Negeri Blitar dan juga Forpimcam Sutojayan.

Tak hanya itu, langkah cepat juga dilakukan dalam minggu ini warga juga akan menerima pencairan ganti untungnya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Hamdan Zulfikar Kurniawan, penandatanganan akta notaris kepada warga terdampak pembangunan proyek jembatan tersebut berjalan dengan lancar.

”Alhamdulillah sekarang sudah teratasi. Tanah dari 19 warga terdampak telah dilakukan penandatanganan dihadapan notaris satu persatu, dan dalam minggu ini warga juga akan menerima pencairan ganti untungnya dan warga juga tidak ada keluhan. Karena harganya juga lebih tinggi dari harga pasar dan apprasial,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon, pada Rabu (06/12) sore.

Caption Foto : Acara Penandatanganan Ganti Untung pada 19 warga terdampak pembangunan Jembatan Subali.

Sedangkan material yang digunakan jembatan menggunakan rangka baja, juga sudah datang. Pihaknya menyatakan kalau dilihat adanya deviasi atau keterlambatan sekitar 5 persen dari jadwal yang ditentukan.

”Untuk material, juga sudah tidak ada kendala, sebelumnya memang adanya. Tapi setelah pembebasan lahan untuk mendatangkan bahan-bahan fabrikasi sudah bisa dilakukan seluruhnya,” imbuhnya.

Untuk pengeboran tahapan pekerjaan borpile dan abutment, alat yang digunakan juga sudah datang dan pengerjaan rangka baja mulai dari barat. Dan dimungkinkan progres pembangunan Jembatan Subali bakal naik signifikan.

”Apabila abutmen sudah rampung inshaallah, untuk pemasangan juga tidak memakan waktu yang lama. Kami juga melakukan koordinasi. Bahkan juga mencari terobosan-terobosan agar pembangunan cepat selesai dan tidak mengurangi dari spesifikasinya,” ungkapnya.

Disinggung mengenai agenda dari Komisi III DPRD Kabupaten Blitar yang akan melakukan inspeksi pembangunan jembatan, pihaknya juga mempersilahkan karena itu merupakan agenda dari Komisi. Namun menurutnya tidak ada kendala yang signifikan.

Hamdan juga berharap, kepada warga masyarakat turut berpartisipasi dalam pembangunan jembatan tersebut dan membantu untuk kelancaran pekerjaan agar jembatan segera terealisasi.

”Tentunya juga partisipasi masyarakat juga kami harapkan, dan kami tetap optimis jembatan Subali selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” pungkasnya. (Jk)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hari Kesadaran Nasional, Kapolda Jatim Kembali Beri Penghargaan Anggota Berprestasi

17 April 2024 - 13:15 WIB

Polres Tulungagung Beri Bantuan Warga Desa Kedoyo yang Mengalami Musibah Akibat Hujan Deras

17 April 2024 - 13:08 WIB

Cegah Laka Laut Polisi Pasang Banner Himbauan di Pantai Pamekasan

17 April 2024 - 13:01 WIB

Polres Probolinggo Pastikan Tidak Ada Kelangkaan LPG Bersubsidi Pasca Lebaran 

17 April 2024 - 12:56 WIB

Polres Kediri Gencarkan Patroli KRYD Pasca Lebaran 2024

17 April 2024 - 12:49 WIB

Habiskan Anggaran Setengah Miliar Lebih, Pembangunan Kantor Desa Duwet Tak Kunjung Selesai

17 April 2024 - 11:22 WIB

Trending di Jawa Timur