Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 28 Jan 2024 WIB ·

LUBER JURDIL Itu Pemilu Yang Sidiq, Ini Dampak yang Akan Terjadi


 LUBER JURDIL Itu Pemilu Yang Sidiq, Ini Dampak yang Akan Terjadi Perbesar

TULUNGAGUNG, 90detik.comKurang dua pekan mendatang bangsa Indonesia menjalankan ritual kebangsaan yaitu pesta demokrasi yang langsung, umum,bebas dan rahasia, jujur dan adil (LUBER JURDIL). LUBER JURDIL dalam Pemilu adalah mengimplementasikan karakter “sidiq”.

“Masyarakat Indonesia mengenal karakter tokoh dunia yang terhebat yang memiliki karakter sidiq. Karakter sidiq itu ditandai oleh perilaku yang benar yaitu jujur tutur lisannya. Karakter ini menjadikan para pembenci dan musuhnya menjadi beriman dan akhirnya menjadi pengikutnya,” ujar KH Imam Mawardi Ridlwan, pada Minggu (28/1).

Berkaitan dengan pemilihan umum, pengasuh dari Pondok Pesantren Al Azhaar yang akrab disapa Abah Imam menegaskan, LUBER JURDIL adalah perilaku yang berkarakter sidiq. Pemilu sidiq merupakan sistem negara yang harus dijalankan KPU dan Bawaslu tidak ada kecurangan sekecil apapun dalam pelaksanaannya.

“Jadi roh dan tujuan utamanya, baik itu KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu serta pemerintah harus sidiq. Sehingga rakyat percaya bahwa semua proses Pemilu tidak ada kecurangan,” tambah Abah Imam.

LUBER JURDIL dalam pemilu merupakan upaya mewujudkan karakter sidiq dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, adanya karakter sidiq pada semua elemen dalam Pemilu ada empat hal yang bisa diraih dan yang pertama adanya kepercayaan rakyat atas hasil Pemilu. Kepercayaan rakyat berdampak pada dukungan rakyat pada pemerintah yang akan datang.

“Yang kedua pemilu LUBER JURDIL akan menghantarkan bangsa yang martabat dan berdaulat. Dan ketiga pemilu yang LUBER JURDIL akan menjadikan Indonesia maju dan mampu menanggulangi segala macam ancaman dan rongrongan asing dan aseng,” terangnya.

Untuk dampak yang keempat, masih Abah menyatakan pemilu yang LUBER JURDIL menjadikan para paslon capres-cawapres yang kalah akan legowo, menerima dan tidak membuat anarkisme.

“Perilaku legowo dalam Pemilu merupakan cermin ketinggian dan puncak spiritual bangsa Indonesia,” tutup Abah Imam. (JK/Red)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

DPC PDI Perjuangan Tulungagung Mulai Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Siapa Saja Bacalon Tersebut ?

23 April 2024 - 07:39 WIB

Persik Jamu PSS Sleman, Ribuan Personel Diterjunkan Polres Kediri Kota

23 April 2024 - 07:15 WIB

Kapolres Bangkalan Serahterimakan Motor yang Hilang 6 Tahun Silam Kepada Pemiliknya

23 April 2024 - 07:09 WIB

Cegah DBD Polisi Dampingi Dinkes Tulungagung Lakukan Fogging

23 April 2024 - 07:04 WIB

Berpakaian Adat Petugas Satpas SIM Polres Kediri Kota Layani Masyarakat di Hari Kartini

23 April 2024 - 07:00 WIB

Bacalon Bupati – Wabup Tulungagung Maryoto-DGY Ambil Formulir Pendaftaran

23 April 2024 - 06:24 WIB

Trending di Jawa Timur