Menu

Mode Gelap
Beri Apresiasi, Pemkot Blitar Gelar Undian PBB-P2 Tahun 2023 Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Indonesia dan Jerman, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Berkunjung ke Jerman Pelaku Pencurian Mobil Berhasil Diringkus Polisi, Ini Modusnya… Rakorbin SSDM Polri, Biro SDM Polda Jatim Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan Gratis

Jawa Timur · 28 Apr 2024 WIB ·

LPI AL Azhaar, Salah Satu Lembaga Pendidikan Di Tulungagung Yang Menciptakan Murid Berprestasi Akademik dan Agama


 LPI AL Azhaar, Salah Satu Lembaga Pendidikan Di Tulungagung Yang Menciptakan Murid Berprestasi Akademik dan Agama Perbesar

TULUNGAGUNG, 90detik.com – Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung merupakan sekolah formal yang telah dijadikan pilihan masyarakat Tulungagung baik untuk jenjang PAUD, TK, SD, SLTP maupun SLTA.

Masyarakat Tulungagung memilih karena LPI Al Azhaar merawat dan membina murid menjadi berprestasi baik di bidang akademik maupun agama. Di LPI Al Azhaar para murid wajib khotam Yanbu’a, khotam Al Qur’an, hafal juz ke 30, do’a pilihan dan melaksanakan ibadah. LPI Al Azhaar memilih Metoda Yanbu’a.

Menurut Ketua Yanbu’a Tulungagung, Kyai Abdullah Hadlirin yaitu untuk sambung sanad ilmu Al Qur’an dengan Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus.

” Metode untuk belajar membaca Al Qur’an sangat banyak. LPI Al Azhaar Tulungagung memilih metode yang memiliki sanad Al Qur’an Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. Ilmu Al Qur’an harus bersanad maka Al Azhaar Tulungagung memilih sanad ke Kudus. Metode Yanbu’a sangat tepat untuk para murid di sekolah formal. Mudah dan cepat mampu membaca Al Qur’an,” jelas Hadlirin.

Tampak wajah sumringah, ceria dan penuh semangat para murid yang mengikuti wisuda Metode Yanbu’a dan di hall utama Pesantren Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung, Ahad (28/04/2024).

Terdapat 50 murid yang telah dinyatakan khotam Yanbu’a sehingga dinyatakan dapat ikut wisuda dan ada 166 murid diwisuda dalam program tahfidz.

” Ini kali pencapaian tahfidz ada yang hafal juz ke 30, ada yang 3 juz, ada yang 5 juz dan ada yang mencapai hafalan 30 juz. Hal ini ditata seperti karena target pencapaian tahfidz disesuaikan dengan jenjang sekolah masing-masing.” Pungkasnya.

Disamping itu, menurut ketua Lajnah Al Qur’an LPI Al Azhaar, Kyai Mahfudz memaparkan bahwa program tahfidz di Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung dijadikan program unggulan. Program diikuti oleh murid jenjang TK hingga SLTA.

 

” Program tahfidz di Al Azhaar Tulungagung sangat diminati oleh orang tua murid. Mereka kompak mendukung putra-putrinya menjadi seorang hafidz. Tahun ini yang diikutkan wisuda tahfidz sebanyak 166 murid,” papar Kyai Mahfudz.

Sementara itu di lokasi wisuda, hall utama Pesantren Al Azhaar, direktur LPI, KH Imam Mawardi Ridlwan menegaskan bahwa Al Qur’an sebagai program utama di semua jenjang.

” Para wali murid menyambut program tahfidz untuk putra-putrinya. Mereka sangat berharap punya generasi Qur’ani yang memiliki akhlakul karimah dan berprestasi akademik”, jelas Abah Imam.

Dalam kegiatan Khataman Yanbu’a dan wisuda tahfidz kesan dan pesan wali santri diwakilkan Syaifuddin.

” Beliau menyampaikan terima kasih pada guru di Al Azhaar Tulungagung yang telaten dan berjiwa murobbi dalam membimbing murid untuk menjadi penghafal Al Qur’an,” tandasnya

” Seluruh orang tua bangga punya Al Azhaar yang menerapkan pembelajar Al Qur’an,” jelas Abah Imam.

Kegiatan yang sangat bagus dihadiri ulama Universitas Al Azhar Mesir, Syaikh Fauzi Saed Muhammady Haekal. Tokoh internasional tersebut memberi tausiah dengan tema mewujudkan generasi robbani.(Red)

Artikel ini telah dibaca 202 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polrestabes Surabaya Berhasil Ungkap TPPO Dibawah Umur Modus Aplikasi 7 Tersangka Diamankan 

17 Mei 2024 - 12:46 WIB

Wujudkan Kamseltibcarlantas Polres Pasuruan Kota Lakukan Rampcheck Kendaraan Bus Umum

17 Mei 2024 - 12:42 WIB

Kapolda Jatim Ucapkan Selamat Popsivo Polwan Raih Kemenangan atas Jakarta PLN Elektrik di Gresik

17 Mei 2024 - 12:38 WIB

Meriah, Tabligh Akbar Polres Kediri Sukses Hadirkan Puluhan Ribu Jamaah

17 Mei 2024 - 12:31 WIB

Polisi Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Brantas Tulungagung

17 Mei 2024 - 12:28 WIB

Polres Pelabuhan Tanjungperak Berhasil Mengamankan Seorang Sopir Diduga Edarkan Sabu

17 Mei 2024 - 12:24 WIB

Trending di Jawa Timur